Sahbana, Asep (2018) Antrian Sandar Dan Berlabuh Kapal Terhadap Kehilangan Kesempatan (Opportunity Lost) Di Dermaga Berlian. Other thesis, STIA DAN MANAJEMEN KEPELABUHAN BARUNAWATI.
Text (Tugas Akhir Mahasiwa 2018)
FULL TEKS SKRIPSI-ASEP SAHBANA - 161031421.pdf - Draft Version Download (1MB) |
|
Text (Tugas Akhir Mahasiswa 2018)
COVER.pdf - Draft Version Download (73kB) |
|
Text (Tugas Akhir Mahasiswa 2018)
ABSTRAK.pdf - Draft Version Download (5kB) |
|
Text (Tugas Akhir Mahasiswa 2018)
BAB I.pdf - Draft Version Download (144kB) |
|
Text (Tugas Akhir Mahasiswa 2018)
BAB II.pdf - Draft Version Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
|
Text (Tugas Akhir Mahasiswa 2018)
BAB III.pdf - Draft Version Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
|
Text (Tugas Akhir Mahasiswa 2018)
BAB IV.pdf - Draft Version Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
|
Text (Tugas Akhir Mahasiswa 2018)
BAB V.pdf - Draft Version Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text (Tugas Akhir Mahasiswa 2018)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Draft Version Download (70kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara antrian sandar dan antrian berlabuh terhadap Opportunity lost pada sektor bongkar muat petikemas di pelabuhan, yang memiliki rumusan masalah : 1) Apakah antrian sandar kapal berperan signifikan terhadap Opportunity lost ; 2) Apakah antrian berlabuh kapal berperan signifikan terhadap Opportunity lost ; dan 3) Apakah antrian sandar dan antrian berlabuh kapal secara bersamaan berperan signifikan terhadap Opportunity lost petikemas. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan sample berjumlah 75 kapal, yang dibatasi hanya pada 3 pelayaran utama dan dominan di dermaga Berlian yaitu PT. Meratus Line, PT. Spil, dan PT. Tanto Intim Line. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan wawancara dan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda, serta pengujian signifikasi dilakukan dengan Uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Setiap ada kapal yang terlambat sandar atau terlambat berlabuh maka operator pelabuhan akan mengalami opportunity lost (2) Dari data kurun waktu Januari sampai dengan Mei 2018 aktivitas kapal terlambat sandar lebih banyak dari kapal terlambat berlabuh. (3) Kapal yang terlambat sandar menyebabkan opportunity lost yang lebih besar pada kegiatan bongkar muat dibanding kapal yang terlambat berlabuh. Kata Kunci : Antrian Sandar, Antrian Berlabuh, Opportunity lost
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Diyan Opka Vandisia |
Date Deposited: | 25 May 2021 04:13 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 02:56 |
URI: | http://repositori.stiamak.ac.id/id/eprint/96 |
Actions (login required)
View Item |