Pengaruh Pelayanan Administrasi Kapal, Dan Kegiatan Bongkar/Muat Terhadap Optimalisasi Integrated Port Time (Ipt) Di Pt Varia Usaha Bahari Gresik

Haryadi, Dany (2020) Pengaruh Pelayanan Administrasi Kapal, Dan Kegiatan Bongkar/Muat Terhadap Optimalisasi Integrated Port Time (Ipt) Di Pt Varia Usaha Bahari Gresik. Other thesis, STIA DAN MANAJEMEN KEPELABUHANAN BARUNAWATI SURABAYA.

[img] Text (Tugas Akhir Mahasiswa 2020)
COVER - Dany Haryadi - 18.130173.pdf - Draft Version
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text (Tugas Akhir Mahasiswa 2020)
ABSTRAK -Dany Haryadi - 18.130173.pdf - Draft Version

Download (12kB)
[img] Text (Tugas Akhir Mahasiswa 2020)
BAB I - Dany Haryadi - 18.130173.pdf

Download (84kB)
[img] Text (Tugas Akhir Mahasiswa 2020)
BAB II - Dany Haryadi - 18.130173.pdf - Draft Version
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text (Tugas Akhir Mahasiswa 2020)
BAB IV - Dany Haryadi - 18.130173.pdf - Draft Version
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text (Tugas Akhir Mahasiswa 2020)
DAFTAR PUSTAKA - Dany Haryadi - 18.130173.pdf - Draft Version

Download (5kB)
[img] Text (Tugas Akhir Mahasiswa 2020)
FULL TEKS SKRIPSI- Dany Haryadi - 18.130173.pdf - Draft Version

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan Negara kepulauan (Archipelagic State) terbesar di dunia, memiliki 17.508 pulau besar dan kecil, luas darat 1,937 juta km2 , luas laut 5,8 juta km2 dengan garis pantai terpanjang didunia. Letak geografis atara dua benua (Asia dan Australia), serta dua samudra (Hindia dan Pasific) yang dilalui garis khatulistiwa. Fungsi laut bagi bangsa Indonesia adalah sebagi alat pemersatu, sebagai alat penghubung, medan pertahanan, sebagai pengelolah sumber daya alam untuk kesejahteraan bangsa Indonesia. Berdasarkan potensi tersebut Indonesia menepatkan transportasi laut sebagai sektor utama jalur penghubung pulau-pulau di Indonesia. Transportasi laut diharapkan dapat mendukung kegiatan industri dan jasa lainnya serta sebagai penghubung wilayah Nasional, Regional dan Internasional. Dalam melayani jasa kepelabuhanan, setiap pelabuhan berkompetisi mengurangi waktu tunggu kapal / waiting time., iddel time, dan Elektabilitas suatu pelabuhan dapat dilihat dari intergrated port time (IPT) setiap kapal yang mengunasa jasa kepelabuhanan di tempat tersebut. Pada penerapan tersebut di fokuskan untuk menghitung efektifitas pada kedatangan kapal dan kegiatan kapal di pelabuhan dalam mengetahui kualitas pelayanan dan kinerja disuatu pelabuhan tersebut. Permasalahan pada penelitian ini adalah : apakah terdapat pengaruh kualitas layanan dan kegiatan bongkar/muat terhadap optimalisasi integrited port time di PT Varia Usaha Bahari Gresik?. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Sekunder yang diperoleh dengan data satu tahun kedatangan kapal di pelabuhan PT Semen Indonesia pada PT Varia Usaha Bahari Gresik selama bulan Januari-Desember tahun 2019. Dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : (1) Terdapat pengaruh secara serempak kualitas layanan Administrasi kapal dan kegiatan Bongkar/Muat terhadap Integrated port time ; (2) terdapat pengaruh secara parsial kualitas layanan administrasi kapal dan kegiatan bongkar/muat terhadap integrated port time. Kata kunci : layanan administrasi, kegiatan bongakar/muat, optimalisasi intergritas port time

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Diyan Opka Vandisia
Date Deposited: 26 Feb 2021 10:07
Last Modified: 19 May 2021 05:35
URI: http://repositori.stiamak.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item View Item