Analisis Pelayanan Berusaha Melalui Online Single Submission (OSS) Di Mall Pelayanan Publik Sidoarjo

Maikel Wahid, Muhammad (2022) Analisis Pelayanan Berusaha Melalui Online Single Submission (OSS) Di Mall Pelayanan Publik Sidoarjo. Other thesis, STIA Manajemen dan Kepalabuhan Barunawati Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (60kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Mh.Maikel Wahid 18110009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Jurnal Muhammad Maikel Wahid 18110009.pdf

Download (458kB)

Abstract

Berdasarkan Observasi ditentukan permasalahan yang dihadapi saat ini adalah pertama kurangnya profesionalisme Aparatur dalam memberikan pelayanan, hal ini terlihat ketika dalam memberikan pelayanan aparatur kurang responsif kepada masyarakat ketika memberikan pelayanan. Kedua kurangnya jumlah pegawai sehingga hal tersebut dapat menyebabkan masyarakat yang mengurus Izin Berusaha merasa dirugikan. Ketiga lemahnya Sistem Online yang digunakan dalam permohonan Izin Berusaha yang tiba-tiba data sudah terisi atau tercantum terlebih dahulu , misalnya ada pemohon yang melakukan izin berusaha untuk pembaruan untuk kebaruan di Online Single Submission (OSS), setelah pengecekan oleh sistem, data tersebut ternyata masih pakai yang lama. Namun di track recordnya pemohon pertama kalinya dalam OSS. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, lokkasi penelitian di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Sidoarjo, data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan ditentukan dengan purposive sampling diantaranya plt. DPMPTSP, Kepala Bidang Seksi Pelayanan dan Costumer Service yang membidangi, dan masyarakat yang mengurus Izin Berusaha. Selanjutnya digunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian Analisis Pelayanan Berusaha Melalui Online Single Submission (OSS) di Mall Pelayanan Publik Sidoarjo sudah cukup baik namun ada beberapa yang perlu diperbaiki dalam profesionalisme pegawainya seperti kurangnya kedisiplinan. Adapun faktor pendukungnya antara lain program sosialisasi yang dapat meningkatkan kinerja aparatur yang digunakan, pelaksanaan Rapat Evaluasi, dan rekapitulasi laporan kinerja yang dilakukan setiap tiga bulan atau setiap triwulan untuk memantau individu atau kinerja kelompok. Faktor penghambatnya adalah kurangnya koordinasi di lingkup internal, sehingga sulit untuk menangani kendala dalam proses penerbitan bisnis. Prasarana dan fasilitas yang memudahkan kinerja, seperti komputer dan internet cepat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Diyan Opka Vandisia
Date Deposited: 26 Jan 2023 09:11
Last Modified: 06 Feb 2023 03:09
URI: http://repositori.stiamak.ac.id/id/eprint/331

Actions (login required)

View Item View Item