Produktifitas Bongkar Muat, Permintaan Kapal Pandu Dan Cuaca Yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Kapal

Paborzky Zvonimir Duka, Paborzky Zvonimir Duka (2019) Produktifitas Bongkar Muat, Permintaan Kapal Pandu Dan Cuaca Yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Kapal. Other thesis, STIA MANAJEMEN DAN KEPELABUHANAN BARUNAWATI SURABAYA.

[img] Text (Tugas Akhir Mahasiswa 2019)
SKRIPSI.PABORZKY ZVONIMIER.151011273 FULL.pdf - Draft Version

Download (3MB)
[img] Text (Tugas Akhir Mahasiswa 2019)
COVER.pdf - Draft Version

Download (486kB)
[img] Text (Tugas Akhir Mahasiswa 2019)
ABSTRAK.pdf - Draft Version

Download (336kB)
[img] Text (Tugas Akhir Mahasiswa 2019)
BAB I.pdf - Draft Version

Download (440kB)
[img] Text (Tugas Akhir Mahasiswa 2019)
BAB II.pdf - Draft Version
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text (Tugas Akhir Mahasiswa 2019)
BAB III.pdf - Draft Version
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text (Tugas Akhir Mahasiswa 2019)
BAB IV.pdf - Draft Version
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img] Text (Tugas Akhir Mahasiswa 2019)
BAB V.pdf - Draft Version
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text (Tugas Akhir Mahasiswa 2019)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Draft Version

Download (203kB)

Abstract

Kata kunci : Permintaan pandu, Produktifitas Bongkar muat, cuaca, Waitting time Transportasi laut merupakan gerbang pertemuan wilayah - wilayah yang terpencil dan jauh dari pusat kegiatan terutama dalam mendukung kegiatan ekonomi. Disamping itu, sektor transportasi laut berperan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah – daerah tertinggal dan sebagai saranan penunjang perekonomian bagi suatu daerah. Presiden Jokowi mendeklarasikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia pada Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN (Association of Southeast Asian Nations), pada tanggal 14 November 2014 di Myanmar. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi waktu tunggu kapal, yaitu produktivitas bogkar muat, perminataan kapal pandu dan cuaca. Produktivitas diartikan sebagai jumlah kuantitas yang dihasilkan bagi setiap satuan waktu/satuan lainnya untuk setiap upaya tiap jam/satuan alat tertentu. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Slovin, sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 49 kapal dengan teknik random samplin. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi berganda dengan bantuan spss, diketahui bahwa nilai koefisien determinasi berganda R Square adalah 0.265 atau sebesar 26.5%. Nilai ini menujukkan waktu tunggu kapal memeiliki hubungan dengan variabel produktivitas kerja, permintaan kapal pandu dan cuaca, sisanya sebesar 73.5% memiliki hubungan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Namun diketahui bahwa secara bersama-sama (simultan) variabel produktivitas bongkar muat (X1), perminataan kapal pandu (X2) dan cuaca (X3) memiliki hubungan yang signifikan terhadap variabel waktu tunggu kapal (Y). Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan 0.003 lebih kecil dari alpha 0.05 dan nilai Fhitung sebesar 5.399 lebih besar dari Ftabel sebesar 2.81. Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian selanjutnya, penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai referensi, pendukung, pedoman, pembanding, dan diharapkan untuk menambah variabel lain yang dapat dijadikan indikator dalam penelitian lanjutan. Hal ini karena masih adanya variabel-variabel yang belum ditemukan peneliti yang masih memiliki hubungan yang berkaitan dengan waktu tunggu kapal

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Diyan Opka Vandisia
Date Deposited: 24 Aug 2021 05:56
Last Modified: 24 Aug 2021 05:56
URI: http://repositori.stiamak.ac.id/id/eprint/197

Actions (login required)

View Item View Item