PENGARUH DIGITALISASI PEMBAYARAN, TARIF DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI GATE TANJUNG EMAS PT PELABUHAN INDONESIA

David Bayu Ristiama, DB and Nur Widyawati, NW (2024) PENGARUH DIGITALISASI PEMBAYARAN, TARIF DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI GATE TANJUNG EMAS PT PELABUHAN INDONESIA. Diploma thesis, STIA Manajemen dan Kepelabuhan Barunawati Surabaya.

[img] Text
Cover - David bayu.pdf

Download (178kB)
[img] Text
ABSTRAK - David bayu.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I - David bayu.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II - David bayu.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB III - David bayu.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB IV - David bayu.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V - David bayu.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - David bayu.pdf

Download (364kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap David Bayu upload word - David bayu.pdf

Download (3MB)

Abstract

Loyalitas pelanggan sangat penting untuk menjaga keberhasilan bisnis dalam jangka panjang karena pelanggan yang setia akan melakukan pembelian berulang atau kembali menggunakan layanan secara teratur. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan antara lain adalah digitalisasi pembayaran, tarif dan kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan mengetahui secara parsial dan simultan Pengaruh Digitalisasi Pembayaran, Tarif dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Gate Tanjung Emas PT Pelabuhan Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kuantitatif dan menggunakan teknik pengambilan sampel Random Sampling dalam Non Probability Sampling dengan jumlah 96 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada karyawan kawasan industri, calon penumpang kapal dan masyarakat yang menggunakan layanan. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, uji linieritas, regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis, yaitu uji t (parsial) dan uji f (simultan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial diketahui bahwa digitalisasi pembayaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Gate Tanjung Emas PT Pelabuhan Indonesia. Secara parsial diketahui bahwa Tarif berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Gate Tanjung Emas PT Pelabuhan Indonesia. Secara parsial diketahui bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Secara simultan diketahui bahwa digitalisasi pembayaran, tarif dan kualitas berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Gate Tanjung Emas PT Pelabuhan Indonesia. Dapat diketahui melalui nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,840 yang artinya besar pengaruh variabel independen yaitu digitalisasi pembayaran, tarif dan kualitas layanan memiliki kontribusi sebesar 84% dalam menerangkan loyalitas pelanggan. Kata Kunci : Digitalisasi Pembayaran, Tarif, Kualitas Layanan, Loyalitas Pelanggan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Diyan Opka Vandisia
Date Deposited: 30 Sep 2024 08:29
Last Modified: 30 Sep 2024 08:29
URI: http://repositori.stiamak.ac.id/id/eprint/586

Actions (login required)

View Item View Item