ANALISIS DIGITAL MARKETING, DAN CASHLESS PAYMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN ONLINE CUSTOMER REVIEW SEBAGAI VARIABLE MODERASI (STUDI KASUS MARKETPLACE SHOPEE DI KOTA SURABAYA)

Cherryl Faviana Abigail, CF and Dian Arisanti, DA (2024) ANALISIS DIGITAL MARKETING, DAN CASHLESS PAYMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN ONLINE CUSTOMER REVIEW SEBAGAI VARIABLE MODERASI (STUDI KASUS MARKETPLACE SHOPEE DI KOTA SURABAYA). Diploma thesis, STIA Manajemen dan Kepelabuhan Barunawati Surabaya.

[img] Text
COVER SKRIPSI_CHERRYL FAVIANA ABIGAIL_20111007 - Cherryl Faviana Abigail.pdf

Download (91kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI_CHERRYL FAVIANA ABIGAIL_20111007_FIX - Cherryl Faviana Abigail.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI_CHERRYL FAVIANA ABIGAIL_20111007_FIX - Cherryl Faviana Abigail.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI_CHERRYL FAVIANA ABIGAIL_20111007_FIX - Cherryl Faviana Abigail.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI_CHERRYL FAVIANA ABIGAIL_20111007_FIX - Cherryl Faviana Abigail.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI_CHERRYL FAVIANA ABIGAIL_20111007_FIX - Cherryl Faviana Abigail.pdf

Download (936kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI_CHERRYL FAVIANA ABIGAIL_20111007_FIX - Cherryl Faviana Abigail.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI_CHERRYL FAVIANA ABIGAIL_20111007_FIX - Cherryl Faviana Abigail.pdf

Download (147kB)
[img] Text
SKRIPSI_CHERRYL FAVIANA ABIGAIL_20111007 - Cherryl Faviana Abigail.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ulasan pelanggan online, marketplace Shopee, Surabaya Dengan kemajuan teknologi dan meningkatnya popularitas belanja online, keputusan pembelian konsumen telah mengalami perubahan signifikan. Berkaitandengan kemudahan teknologi, Cashless Payment merupakan salah satu inovasi yang semakin populer di dunia belanja online. Metode pembayaran seperti e-wallet, kartu kredit, dan transfer bank memberikan kenyamanan dan efisiensi bagi konsumen dalam melakukan transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran digital dan pembayaran tanpa tunai terhadap keputusan pembelian dengan ulasan pelanggan online sebagai variabel moderasi di marketplace Shopee di Kota Surabaya. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada pengguna aktif Shopee di Surabaya. Hasil analisis menunjukkan bahwa Digital Marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dapat dibuktikan dari hasil hubungan antara variabel Digital Marketing terhadap keputusan pembelian konsumen memiliki nilai hasil T-Statistics 4.001 > 1.98 pada signifikansi α = 0.05 dengan nilai P-Values 0.000 < 0.05 dan nilai Original Sample positif sebesar 0,343. Cashless Payment berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dapat dibuktikan dari hasil hubungan antara variabel Cashless Payment terhadap keputusan pembelian memiliki nilai hasil T-Statistics 4,312 > 1.98 pada signifikansi α = 0.05 dengan nilai P-Values 0.000 < 0.05 dan nilai Original Sample positif sebesar 0,357. Online Customer Review terhadap keputusan pembelian, dapat dibuktikan dari hasil hubungan antara variabel Online Customer Review terhadap keputusan pembelian memiliki nilai hasil T-Statistics 3,762> 1.98 pada signifikansi α = 0.05 dengan nilai P-Values 0.000 < 0.05 dan nilai Original Sample positif sebesar 0,340. Online Customer Review tidak berperan dalam memoderasi pengaruh Digital Marketing terhadap keputusan pembelian, hal ini dapat dibuktikan dari nilai hasil T-Statistics 1.315 < 1.98 pada signifikansi α = 0.05 dengan nilai P-Values 0.189 > 0.05 (tidak sidnifikan) dan nilai Original Sample Negatif sebesar -0.154. Online Customer Review tidak berperan dalam memoderasi pengaruh Cashless Payment terhadap keputusan pembelian, hal ini dapat dibuktikan dari hasil nilai hasil T- Statistics 1.443 < 1.98 pada signifikansi α = 0.05 dengan nilai P-Values 0.149 >0.05 (tidak signifikan) dan nilai Original Sample Positif sebesar 0,147. Kesimpulan dari hasil analisis menunjukkan bahwa Digital Marketing dan Cashless payment memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Digital Marketing terbukti efektif dalam mempengaruhi keputusan pembelian, demikian juga dengan Cashless payment yang memberikan kontribusi signifikan terhadap keputusan konsumen. Online Customer Review juga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Namun, Online Customer Review tidak memoderasi pengaruh Digital Marketing maupun Cashless payment terhadap keputusan pembelian. Hal ini menyoroti pentingnya strategi pemasaran digital dan kemudahan pembayaran dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen, sementara peran ulasan pelanggan tidak memoderasi efek dari kedua variabel tersebut. Kata Kunci : Pemasaran digital, Cashless Payment, keputusan pembelian,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Diyan Opka Vandisia
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:45
Last Modified: 04 Sep 2024 06:45
URI: http://repositori.stiamak.ac.id/id/eprint/558

Actions (login required)

View Item View Item