LAPORAN MAGANG - INOVASI PRODUK TERHADAP BISNIS KOPI DI ELMAR CAFE & EATERY DALAM PROGRAM MBKM WIRAUSAHA MERDEKA UNIVERSITAS CIPUTRA 2024

Salwa Ayunda Nurfadilah, SA and Dian Arisanti, DA (2025) LAPORAN MAGANG - INOVASI PRODUK TERHADAP BISNIS KOPI DI ELMAR CAFE & EATERY DALAM PROGRAM MBKM WIRAUSAHA MERDEKA UNIVERSITAS CIPUTRA 2024. Diploma thesis, STIA Manajemen dan Kepelabuhan Barunawati Surabaya.

[img] Text
LAPORAN MAGANG SALWA CANTIK 23111034. (1) - salwa fdhlh.pdf

Download (2MB)

Abstract

UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah adalah kegiatan atau usaha bisnis yang dijalankan oleh individu, rumah tangga, Sebelumnya UMKM diatur dalam Undang-undang No. 20 tahun 2008, lalu diatur dalam PP No. 7 tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau yang sering disebut PP UMKM. Inovasi produk adalah proses menciptakan barang atau layanan baru yang lebih baik atau lebih efisien dibandingkan dengan produk yang ada di pasar. Inovasi ini dapat berupa perbaikan atau pengembangan fitur produk yang sudah ada, atau penciptaan produk yang sepenuhnya baru. Pada magang kali ini penulis memberikan sebuah inovasi produk pada Perusahaan yaitu mengenai rasa kopi baru, dengan inovasi 3 rasa ini inovasi produk ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing perusahaan, memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah, dan membuka peluang pasar baru. Namun, inovasi produk juga menghadapi sejumlah tantangan. Salah satu permasalahannya adalah tingginya biaya penelitian dan pengembangan yang diperlukan untuk menciptakan produk baru. Biaya ini tidak selalu dapat diprediksi dan seringkali mempengaruhi keputusan perusahaan dalam berinovasi. Selain itu, terdapat juga risiko kegagalan pasar, dimana meskipun produk baru telah dikembangkan dengan baik, tidak ada jaminan bahwa konsumen akan menerimanya. Hal yang Perlu Diperhatikan pada Inovasi Produk adalah Kebutuhan dan Preferensi Konsumen , Salah satu hal yang paling krusial dalam inovasi produk adalah pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan, Proses Pengembangan yang Efisien Pengembangan produk baru harus dilakukan dengan memperhatikan efisiensi dalam hal biaya dan waktu, Risiko dan Manajemen Keuangan Inovasi produk sering kali membutuhkan investasi yang signifikan dalam hal waktu, tenaga, dan biaya. Oleh karena itu, perusahaan perlu mempersiapkan perencanaan keuangan yang matang, Penerimaan Pasar Meskipun produk sudah inovatif, tidak ada jaminan bahwa produk tersebut akan diterima oleh pasar. Oleh karena itu, penting untuk melakukan uji pasar atau tes produk sebelum peluncuran secara besar-besaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Diyan Opka Vandisia
Date Deposited: 12 Feb 2025 06:45
Last Modified: 12 Feb 2025 06:45
URI: http://repositori.stiamak.ac.id/id/eprint/641

Actions (login required)

View Item View Item