LAPORAN MAGANG - STRATEGI MARKETING PADA UMKM PAK BESAR DALAM PROGRAM MBMK WIRAUSAHA MERDEKA UNIVERSITAS CIPUTRA 2023

Ramadhaniati Fahrezy, RF and Mudayat, M (2024) LAPORAN MAGANG - STRATEGI MARKETING PADA UMKM PAK BESAR DALAM PROGRAM MBMK WIRAUSAHA MERDEKA UNIVERSITAS CIPUTRA 2023. Diploma thesis, STIA Manajemen dan Kepelabuhan Barunawati Surabaya.

[img] Text
Laporan Magang FAHREZY FINAL Korrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr FIX - Novita Wulandari.pdf

Download (2MB)

Abstract

Strategi pemasaran akan melibatkan dua hal penting pertama adalah konsumen seperti apakah yang akan perusahaan layani, dalam hal ini perusahaan harus menentukan segmentasi pasar dan pasar sasaran yang akan dilayani, kemudian yang kedua adalah bagaimana cara perusahaan menciptakan value untuk sasaran pasar tersebut, dalam ini perusahaan harus dapat menentukan diferensiasi dan positioning mereka bagi konsumen (KotlerdanArmstrong,2014). Dalam konteks inovasi pendidikan, Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) adalah sebuah inovasi yang dibuat oleh Kemendikbudristek dan diluncurkan sebuah kebijakan untuk mentransformasi sistem Pendidikan tinggi di Indonesia untuk menghasilkan lulusan yang lebih relevan. Program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini sesuai dengan Peraturan Mendikbud No. 3 Tahun 2020, yaitu memberikan hak kepada mahasiswa untuk belajar di luar program studinya selama 1 semester dan berkegiatan di luar perguruan tinggi selama 2 semester. Program MBKM ini mempersiapkan mahasiswa agar dapat menjadi pribadi yang tangguh, sesuai dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah beradanya mata kuliah Magang untuk mahasiswa. Pada kesempatan ini sebagai salah satu mahasiswa Program Studi S1 Administrasi Bisnis Kepelabuhan, STIAMAK Barunawati mendapat kesempatan mengikuti kegiatan MBKM Wirausaha Merdeka di salah satu kampus swasta Surabaya yaitu Universitas Ciputra, dimana Universitas Ciputra sendiri merupakan Universitas penyelenggara program ini yang memberikan tempat bagi para mahasiswa yang ingin mempelajari wirausaha dan penerapannya secara langsung. Melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Universitas Ciputra, terbuka peluang besar bagi mahasiswa yang ingin belajar terjun secara langsung melihat sebuah bisnis UMKM. Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah sektor UMKM yang besar, seperti kami yang mendapatkan kesempatan untuk Learning Together di salah satu UMKM di Surabaya yaitu UMKM bernama Pak Besar. Pak Besar merupakan UMKM yang menjual banyak prodak mulai dari aneka sambel, bawang goreng, minuman, kopi, soto, bakso, hingga rendang dan rawon frozen, serta masih banyak lagi yang tentunya memberikan banyak insight kepada kami para mahasiswa yang baru memulai sebuah bisnis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Diyan Opka Vandisia
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:03
Last Modified: 28 Mar 2024 03:03
URI: http://repositori.stiamak.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item View Item