OPTIMALISASI PENERAPAN E-RTG PADA RTG KONVENSIONAL DI TERMINAL PETIKEMAS NILAM

Dimas Septian Abdya Raysi, DSA and Nugroho Dwi Priyohadi, NDP (2023) OPTIMALISASI PENERAPAN E-RTG PADA RTG KONVENSIONAL DI TERMINAL PETIKEMAS NILAM. Diploma thesis, STIA Manajemen dan Kepelabuhan Barunawati Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (420kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (557kB)
[img] Text
SKRIPSI_DIMAS SEPTIAN A.R._20131097.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Margin, Spasi, Tabel, Gambar dan Tata Cara Penomoran Penggunaan E-RTG (Rubber-Tired Gantry Crane) sebagai alternatif untuk RTG konvensional di pelabuhan telah menjadi perhatian utama dalam upaya mencapai operasi yang lebih ramah lingkungan dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kelebihan dan tantangan penggunaan E-RTG serta menganalisis cara optimalisasi penerapan E-RTG dalam menggantikan RTG konvensional. Studi ini melibatkan analisis perbandingan antara E-RTG dan RTG konvensional dalam hal dampak lingkungan, efisiensi energi, biaya operasional, dan kinerja operasional. Kelebihan penggunaan E-RTG termasuk pengurangan emisi gas rumah kaca, penggunaan sumber daya listrik yang bersih, dan efisiensi energi yang lebih tinggi. Namun, tantangan seperti investasi awal yang tinggi, keterbatasan jarak tempuh, waktu pengisian daya yang memakan waktu, dan ketahanan terhadap cuaca ekstrem perlu ditangani dengan baik. Untuk mengoptimalkan penerapan E-RTG, strategi yang dapat diterapkan termasuk pengembangan infrastruktur listrik yang memadai, peningkatan kapasitas baterai atau pengaturan yang efisien dalam pengisian daya, serta pengembangan solusi teknis untuk meningkatkan ketahanan E-RTG terhadap cuaca ekstrem. Selain itu, pemodelan simulasi dan analisis data dapat digunakan untuk mengidentifikasi pola operasional yang optimal dan memaksimalkan penggunaan E-RTG dalam kondisi tertentu. Diharapkan bahwa hasil penelitian ini akan memberikan wawasan bagi pelabuhan dan industri terkait tentang manfaat dan tantangan penggunaan E-RTG serta strategi optimalisasi penerapannya. Dengan menerapkan solusi yang tepat, transisi dari RTG konvensional ke E-RTG dapat berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan dan efisiensi operasional di sektor pelabuhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Diyan Opka Vandisia
Date Deposited: 04 Dec 2023 05:59
Last Modified: 04 Dec 2023 05:59
URI: http://repositori.stiamak.ac.id/id/eprint/414

Actions (login required)

View Item View Item